ILABUS PENDIDIKAN JASMANI
OLAHRAGA DAN KESEHATAN
SEKOLAH : SEKOLAH DASAR NEGERI CIPARAY KEC. NARINGGUL KAB. CIANJUR
KELAS : VI
SEMESTER : I
MATA KULIAH : PEND. JASMANI OlAHRAGA DAN KESEHATAN
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan berbagai gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pemblj. | Kegiatan Pembelajaan | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||||||||||
Tehnik | Bentuk Instrumen | Contoh Insrumen | ||||||||||||||
1.1 Mempraktikkan gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuan. | Tenis Meja | 1.1.1 Pengenalan tenis meja 1.1.2 Lapangan dan Lapangan Tenis Meja 1.1.3 Latihan dasar Tenis Meja | v Pembagian pemain berdasarkan kelompok v Sejarah Tenis Meja v Meja,bed dan bola v Cara memegang bad v Memantul- mantulkan bola | - test (perorangan) | - Test Ketrampilan | Lakukan/peragakan gerakan : 1. Memantul-memantulkan bola 2. Memegang bad 3. Posisi badan/siap sedia 4. Memukul bola 5. Menyemash/smash 6. Service bola (Dengan kontrol dan koodinasi yang baik) | | Buku Erlangga hal. 2 - 4 | ||||||||
1.2 Mempraktikkan gerak dasar salah satu permainan bola besar dengan koordinasi yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuran. | Basket | 1.2.1 Pengenalan bola basket 1.2.2 Latihan dasar bola basket 1.2.3 Peraturan permainan | v Sejarah bola basket v Ukuran dan lapangan bola basket v Menggiring bola(Dribble) v Melempar bola(Shooting) v Bertumpu satu kaki(Pivot) | - test (perorangan) | - Test Ketrampilan | - Demonstrasikan gerakan : 1. Melempar bola dari atas 2. Mendrible bola 3. | | Buku Erlangga Hal 5 - 11 | ||||||||
Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pmblj. | Kegiatan Pembelajaan | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||||||||||
Tehnik | Bentuk Instrumen | Contoh Insrumen | ||||||||||||||
| | | | | | | | | ||||||||
1.3Mempraktikkan koordinasi gerak dasar dalam tehnik lari, lempar dan lompat dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai semangat, sportivitas, percaya diri dan kejujuran. | Atletik (Tolak peluru) | 1.3.1 Pengenalan tolak peluru 1.3.2 Cara memegang tolak peluru 1.3.3 Cara meletakan peluru pada bahu 1.3.4 Tolakan tanpa awalan 1.3.5 Sikap awal menolak peluru 1.3.6 Sikap akhir menolak peluru . | v Gerak dasar tolak peluru: - pengenalan peluru - cara memegang peluru - cara meletakkan peluru v Koordinasi gerak dasar : - tolakan - sikap akhir | - Test (perorangan) | - Test Ketrampilan | - Lakukan macam-macam lari - Lakukan posisi start - Lakukan lari bom - Lakukan cara mask garis finish Peragakan : - Cara memegang peluru - Cara meletakkan peluru di bahu - Cara menolak peluru tanpa awalan maupun dengan awalan - Sikap akhir setelah menolak | | Buku Erlangga Hal 12 - 15 | ||||||||
Standart Kompetensi : 2. Mempraktikkan latihan peningkatan kualitas jasmani (komponen kebugaran jasmani) dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pmblj. | Kegiatan Pembelajaan | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Tehnik | Bentuk Instrumen | Contoh Insrumen | ||||||
2.1 Mengdentifikasi anggota tubuh yang perlu dilatih untuk memperbaiki postur. | Aktifitas pengem bangan diri (kebuga ran) | 2.1.1 Latihan daya tahan dan perbaikan postur tubuh 2.1.2 Latihan berangkai | v Latihan pemanasan: a.Warming up b. Inti c. Pendinginan (Cooling down) Latihan berangkai 4: a. Lari ditempat b. Naik turun tangga c. Gerakan push up d. Jalan kepiting | - Test (perorangan) | - Test Ketrampilan | Berilah contoh gerakan : Latihan kekutan otot-otot pada lengan, bahu, siku, pinggang, tungkai dll. | | Buku Erlangga hal. 18 - 20 |
2.2 Mempraktikkan berbagai latihan untuk memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan, serta nilai-nilai keselamatan diri pun kerja keras | Aktifitas pengem bangan diri (kebuga ran) | 2.2.1 Kebugaran Jasmani | v Latihan gerakan kelentur-an: - Otot leher - Otot pinggang - Persendian lutut v Latihan kekuatan - Latihan push up - Mendorong grobak - Tarik tambang v Latihan gerakan menggunakan beban | - Test (perorangan) | - Test Ketrampilan | v Lakukan gerakan : - Mendorong gerobak - Push-up - Sit-up, Back-up - Naik turun tangga v Lakukan gerakan : - Engklek / jingkat | | Buku Erlangga hal. 21 - 26 |
Standart Kompetensi : 3. Mempraktikkan kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pemblj. | Kegiatan Pembelajaan | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Tehnik | Bentuk Instrumen | Contoh Insrumen | ||||||
Mengdentifikasi anggota tubuh yang perlu dilatih untuk memperbaiki postur. | Senam Dasar | 3.1.1 Melakukan gerakan pemanasan sebelum melakukan aktivitas | v Gerakannya menguatkan dan melemaskan : - Persendihan leher - Persendiahn lengan dan bahu - Persendian pinggang. - | Test (perorangan/ kelompok) | Test Ketrampilan | - Lakukan gerakan-gerakan pemanasan | | Buku Erlangga hal. 30 - 32 |
Mempraktikkan rangkaian senam lantai dan senam ketangkasan dengan gerakan yang lebih halus, jelas, lancar serta nilai-nilai percaya diri, disiplin dan estetika | Senam lantai dan senam ketang kasan | 3.2.1 Melakukan gerakan sikap awal, sikap saat melakukan dan sikap akhir pada rangkaian senam lantai 3.2.2 Melakukan gerakan sikap awal, sikap saat melakukan & sikap akhir pada rangkaian senam ketangkasan. | v Rangkaian gerakan : - Roll depan - Roll belakang v Rangkaian gerakan : - Handstand - Meroda - Balok titian - Lompat kangkang diatas peti (box) | Test (individu) Test (individu) | Test Ketrampilan Test Ketrampilan | - Lakukan gerakan roll depan, roll belakang - Lakukan gerakan : § handstand § meroda § balok titian § lompat angkang diatas peti (box) | | Buku Erlangga hal. 32 - 36 |
Standart Kompetensi : 4. Mempraktikan rangkaian gerak ritmik sederhanaberpasangan dan beregu serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pemblj. | Kegiatan Pembelajaan | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Tehnik | Bentuk Instrumen | Contoh Insrumen | ||||||
4.1 Mempraktikkan latihan gerak ritmik dan sederhana menggunakan gerak jalan dan lompat secara berpasangan serta nilai kerja sama disiplin dan estetika | Senam Irama (ritmik) | 4.1.1 Melakukan gerakan lokomotor (jalan, lari, lompat) dengan berpasangan sambil bernyanyi maupun tepuk tangan | v Gerakan : - Jalan - Lari - Jingkat - Meluncur - Lompat - Loncat dengan berpasangan | Test (beregu/ berpasangan) | Test (ketrampilan) | - Lakukan gerakan jalan dan lompat secara beregu sambil tepuk tangan atau bernyanyi | | Buku Erlangga hal. 40 - 42 |
4.2 Mempratikkan rangkaian gerak ritmik sederhana beregu dengan kompak serta nilai kerja sama, disiplin dan estetika | | 4.2.1 Melakukan gerakan senam ritmik sikap awal, sikap saat melakukan dan sikap akhir pada S I S | v Gerakan : - Pemanasan - Inti - Pendinginan | Test (beregu) | Test (ketrampilan) | Lakukan gerakan Senam Indonesia Sehat - Pemanasan - Inti - Pendinginan | | Buku Erlangga hal. 43 -51 |
Standart Kompetensi : 5. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pemblj. | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Tehnik | Bentuk Instrumen | Contoh Insrumen | ||||||
5.1Mengenal bahaya Narkoba | Narkoba | 5.1.1 Mengidentifikasi & menjelaskan jenis-jenis narkoba serta bahayanya . 5.1.2 Bahaya Narkoba | v Pengertian Narkoba v Jenis-jenis Narkoba v Dampak negative dari narkoba v Bahaya terhadap fisik v Akibat fatal penylahgunaan narkoba v Mencegah dan menghindarinya. | Test (perorangan/ kelompok) | Test - tertulis - lesan | - Jelaskan tentang Narkoba - Sebutkan jenis Narkoba - Jelaskan bahaya Narkoba | | Buku Erlangga hal. 54 – 58 |
Mengetahui Kepala sekolah SULIMAN S.Pd NIP:196801051991031009 | Ciparay 13 juni 2009 Guru kelas VI DEDI RIO SUSANTO NIP: 198404152009021002 |
SILABUS PENDIDIKAN JASMANI
OLAHRAGA DAN KESEHATAN
SEKOLAH : SEKOLAH DASAR NEGERI CIPARAY KEC. NARINGGUL. KAB CIANJUR
KELAS : VI
SEMESTER : II
MATA KULIAH : PEND. JASMANI OlAHRAGA DAN KESEHATAN
Standart Kompetensi : 6. Mempraktikan berbagai gerak dasar dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pemblj. | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||||||||
Tehnik | Bentuk Instrumen | Contoh Insrumen | ||||||||||||
6.1 Mempraktikan penerapan tehnik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportifitas dan kejujuran **) | Bola Voli | 6.1.1 Sejarah 6.1.2 Tehnik dasar permainan bola voli | v Tehnik servis : - Bawah - Atas - Tinggi v Tehnik pasing : - Atas - Bawah v Tehnik smash v Tehnik block v Bermain bola voly dengan peraturan sederhan dan benar | Test (perorangan/ berpasangan) Test kelompok | Test ketrampilan | 1. Praktek servis 2. Praktek pasing 3. Praktek smash 4. Praktek blok 5. Praktek bermain voly dengan peraturan yang sederhana 6. Praktek bermain voly dengan peraturan yang sebenarnya. | | Buku Erlangga hal. 62 -66 | ||||||
Mempraktikan penerapan tehnik dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas dan kejujuran **) | Bulu Tagkis | 6.2.1Sejarah 6.2.2Tehnik dasar permainan | v Memegang raket - pegangan gabungan - pegangan backhand - pegangan geblak kasur - pegangan Inggris v Macam-macam pukulan (servis) - pendek - tinggi - kejut v Melakukan pukulan smash | Test Perorangan Test kelompok | Test praktek Test praktek | 1. Praktek cara memegang raket 2. Praktek cara servis 3. Praktek cara smash 4. Praktek bermain bulu tangkis dengan peraturan yang sebenarnya | | Buku Erlangga hal. 66 - 69 | ||||||
6.3 Mempraktikan pengembangan koordinasi beberapa nomor tehnik dasar atletik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportifitas dan kejujuran **) | Atletik (lari estafet, lompat tinggi) | 6.3.1 Pengertian lari sambung 6.3.2 Bentuk-bentuk latihan dasar 6.3.3 Melakukan tehnik lari estafet 6.3.4 Melakukan dasar lompat tinggi | v Cara memberi tongkat ditempat - Bawah - Atas v Cara menerima tongkat ditempat - Bawah - Atas v Cara memberi dan menerima tongkat sambil jalan v Cara memberi dan menerima tongkat sambil berlari v Cara memegang tongkat v Cara memberi dan menerima tongkat dengan : - melihat - tidak melihat v Melukan lari estafet dengan peraturan yang sederhana v Tahapan-tahapannya: -awalan -tolakan -sikap badan diatas mistar -pendaratan | Test (berpasangan) Test (individu) | Test praktek Test ketrampilan | 1. Praktekan cara memegang tongkat 2. Praktekan cara memberi tongkat 3. Praktekan cara menerima tongkat 4. Praktekan perlombaan lari estafet dengan teknik yang benar Praktekan lompat tinggi dengan tehnik yang benar | | Buku Erlangga hal. 69 - 72 Buku Erlangga hal. 72 - 74 | ||||||
Standart Kompetensi 7. Mempraktikan latihan peningkatan kualitas kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pemblj. | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||||||
Tehnik | Bentuk Instrumen | Contoh Insrumen | |||||||||||
7.1Mempraktikan sikap hidup sehat untuk memelihara kondisi kesehatan | Hidup Sehat | 7.1.1 Menjelaskan pengertian sikap hidup sehat untuk memelihara kondisi kesehatan 7.1.2 Sebutka manfaat sikap hidup sehat 7.1.3 Contoh-contoh sikap hidup sehat | v Jelaskan pola hidup sehat v Manfaat pola hidup sehat | Test (perorangan/ berpasangan) | Test tertulis/ lisan | 1. Jelaskan pola hidup sehat ! 2. Sebutkan manfaat pola hidup sehat ! 3. Berdasarkan contoh sikap hidup sehat dan bersih ! | | Buku Erlangga hal. 78 - 79 | |||||
7.2Mempraktikan perenggangan otot dan pelemasan persendian dengan baik sebelum latihan serta nilai disiplin. | Pereng gangan | 7.2.1 Melakukan gerakan perenggangan statis dan perenggangan dinamis 7.2.2 Melakukan gerakan pelemasan sendi | v Perenggangan statis dan dinamis - leher - pinggang - tangan - dada - lengan - anggota badan v Gerakan pelemasan sendi - sendi bahu - sendi sikut - sendi lutut | Test (individu/ kelompok) | Test praktek | 1. Lakukan perenggangan statis 2. Lakukan perenggangan dinamis 3. Lakukan gerakan pelemasan pada sendi | | Buku Erlangga hal. 80 - 81 | |||||
7.3Mempraktikan kondisi pisik secara terencana dan sungguh-sungguh | Progam latihan fisik | 7.3.1 Melakukan latihan fisik | v Merencanakan program latihan fisik v Latihan fisik | Test (individu/ kelompok) | Test ketrampilan/ praktek | Tes melakukan gerakan : - lari selama 15 menit | | Buku Erlangga hal. 82 | |||||
7.4Mempraktikan aktivitas secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kebugaran serta nilai keselamatan, disiplin dan keja keras | Latihan fisik | 7.4.1 Melakukan kondisi fisik (latihan dalam waktu tertetu) pos berangkai/ permainan | v Latihan fisik - Pos berangkai/permainan - Lari bolak balik - Push up - Naik tuun tanga - Lompat tali | Test (individu/ kelompok) | Test ketrampilan/ praktek | Tes melakukan gerakan : - latihan fisik melalui pos berangkai/permainan | | Buku Erlangga hal. 86 - 87 | |||||
Standart Kompetensi 8. Mempraktikan kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pemblj. | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Tehnik | Bentuk Instrumen | Contoh Insrumen | ||||||
8.1 Mempraktikan kombinasi gerak senam lantai dan senam ketangkasan dengan konsisten dan kontrol yang baik serta nilai keselamatan, displin dan kerja sama. | Senam | 8.1.1 Melakukan gerakan sikap awal, saat melakukan, sikap akhir - headstand - lompat kangkang | v Gerakan : - Headstand - Lompat kangkang diatas peti (box) | Test (Individu) | Test ketrampilan | 1. Lakukan gerakan headstand 2. Lakukan gerakan lompat kangkang diatas peti (box) 3. Lakukan gerakan tiger sprong diatas peti (box) | | Buku Erlangga Hal. 88 - 90 |
Standart Kompetensi 9. Mempraktikan rangkaian gerak ritmik, sederhana secara berpasangan maupun beregu dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pemblj. | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Tehnik | Bentuk Instrumen | Contoh Insrumen | ||||||
9.1Mempraktikan gerak ritmik sederhana ditempat dengan gerakan membungkuk menekuk mupun meliuk secara berpasangan dan beregu, serta nilai kerjasama disiplin dan estetika | Ritmik | 9.1.1 Melakukan gerakan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir : - Membungkuk, meliuk dan menekuk | v Gerakan : - Membungkuk, meliuk dan menekuk | Test | Test ketrampilan (unjuk kerja) | Lakukan gerakan : Membungkuk, menekuk dan meliuk dengan bernyanyi | 4 X 35 menit | Buku Erlangga Hal. 94 - 95 |
9.2Mempraktikan gerak ritmik sederhana ditempat dengan jalan dan lompat secara berpasangan dan beregu, serta nilai kerjasama disiplin dan estetika | Ritmik | 9.2.1 Melakukan perbaikan gerakan skap awal saat melakukan an siap akhir: - Jalan dan lompat secara berpasangan dan beregu 9.2.2 Melakukan gerak ritmik dengan alat(pita) | v Gerakan : Jalan dn lompat secara berpasangn dan beregu v Gerakan : - Mengayun - Melingkar - Melempar | Test | Test ketrampilan (unjuk keras) | Lakukan gerakan : - Jalan dan lompat secara berpasangan dn beregu Lakukan gerakan : - Mengayun - Melingkar - Melompat dengan pita | 4 X 35 menit | Buku Erlangga Hal. 95 - 97 |
Standart Kompetensi 10. Mempraktikan gerak dasar salah satu gaya renang dengan koordinasi gerak yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pemblj. | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Tehnik | Bentuk Instrumen | Contoh Insrumen | ||||||
10.1Mempraktikan gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai, lengan renang gaya dada dengan koordinasi gerak yang lebih baik serta nilai keberanian disiplin dan estetika | Renang Renang gaya dada | 10.1.1 Melakukan latihan dasar renang 10.1.2 Melakukan sikap awal, sikap pada saat melakukan sikap akhir pada renang gaya dada | v Gerakan : - injak-injak air - menyelam - bermain lempar tangkap v Gerakan : - Start - Meluncur - Tunkai/ kaki - Lengan/ tangan pada renang gaya dada | Test individu / kelompok Test individu / kelompok | Test praktek Test praktek | 1.Lakukan gerakan : - injak-injak air - menyelam - lempar tangkap bola 2.Lakukan gerakan star : - meluncur - tungkai/kaki - lengan | | Buku Erlangga Hal. 100 |
10.2Mempraktikan cara bernafas salah satu gaya renang, serta nilai keberanian disiplin dan kebersihan | Renang gaya dada | 10.2.1Melakukan gerakan sikap awal, sikap saat melakukan, sikap akhir pada renang gaya dada | v Gerakan : - Cara bernafas renang gaya dada | Test individu / kelompok | Test praktek | 3 Lakukan cara bernafas renang gaya dada | | Buku Erlangga Hal. 101 |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pemblj. | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Tehnik | Bentuk Instrumen | Contoh Insrumen | ||||||
10.3Mempraktikan kombiasi gerakan lengan dan tungkai dalam renang gaya dada serta nilai keberanian dan disiplin | Renang gaya dada | 10.3.1Melakukan gerakan sikap awal, saat melakukan sikap akhir - kombinasi gerakan lengan dan tungkai - kombinasi gerakan lengan, tungkai ambil nafas (bernafas) | v Gerakan : - Kombinasi gerakan lengan dan tungkai - Kombinasi gerakan lengan, tungkai, bernafas | Test individu | Test praktek | 1.Lakukan kombinasi gerakan lengan dan tungkai pada renang gaya dada 2.Lakukan kombinasi geraan lengan, tungkai dan bernafas pada renang gaya dada | | Buku Erlangga Hal. 102 |
10.4Mempraktikan dasar-dasar keselamatan di air | Keselama tan di air | 10.4.1Melakukan cara-cara menyelamatkan seorang di kolam / di air | v Gerakan menolong tanpa alat - dengan menangkap kepala korban - dengan memegang ketiak korban v Gerakan menolong memakai alat - melempr pelampung ke koban - mengulurkan tongkat melemparkan tali kekorban | Test (kelompok) | Test praktek | 3.Lakukan cara menyelamatkan temanmu di kolam | | Buku Erlangga Hal. 103 - 104 |
Standart Kompetensi 11. Mempraktikan penjelajahan dan perkemahan di alam bebas, serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya****)
Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pemblj. | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Tehnik | Bentuk Instrumen | Contoh Insrumen | ||||||
11.1Mempraktikan aktivitas penjelajahan di alam bebas secara sederhana, serta nilai kerja sama, tanggung jawab, disiplin dan keselamatan. | Penje lajhan | 11.1.1Melakukan/melaksanakan kegiatan penjelajahan | - Menentuka jalan - Mematuhi perintah-perintah dan prosedur - Melengkapi masalah di jalan - Memiliki kepedulian lingkungan - Menjaga keselamatan dini di perjalanan | Test beregu / kelompok | Test lisan / praktik (unjuk kerja) | 1.Lakukan penjelajahan dengan hati-hati | | Buku Erlangga Hal. 108 |
11.2Mempraktikan pemasangan kemah bersama, serta nilai kerjasama tanggung jawab disiplin dan keselamatan | Perkema han | 11.2.2 Macam perkemahan Tahap-tahap berkemah Perencanaan Perlengkapan Ketrampilan mendirikan tenda | - Merencanakan kemah - Mempersiapkan alat-alat dan perlengkapan - Mendirikan kemah / tenda - Membuat api unggun | Test (kelompok) | Test ketrampilan (unjuk kerja) | 1. Lakukan cara pemasangan tenda! 2. Lakukan kegiatan dalam perkemahan! | | Buku Erlangga Hal. 109 111 |
Standart Kompetensi 12. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pemblj. | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||||||
Tehnik | Bentuk Instrumen | Contoh Insrumen | ||||||||||
12.1Mengenai cara menolak ajakan menggunakan narkoba | Budaya hidup sehat | 12.1.1Menjelaskan cara menolak ajakan menggunakan narkoba | v Cara menghindari menggunakan narkoba: -hindari dan jauhi rokok -pilih lingkungan pergaulan yang sehat. -menjalin komunikasi yang baik dengan keluarga. | Test perorangan/ kelompok) | Test - teori - lisan | 1.Jelaskan cara menolak ajakan narkoba | | Buku Erlangga Hal. 114 115 | ||||
12.2Mengenal cara menolak perlakukan cara pelecehan seksual | | 12.2.1Menjelaskan pengertian pelecehn seksual Menyebutkan perbuatan-perbuatan pelecehan seksual Mengenal dan menghindari perlakuan pelecehan seksual | v Pengertian pelecehan seksual v Pemahaman tentang pelecehan seksual. v Menghindari perbuatan pelecehan seksual. v Menolak tegas terhadap pelecehan seksual. | Test perorangan/ kelompok) | Test - teori - lisan | 1.Jelaskan pengertian pelecehan seksual 2.Sebutkan bentuk-bentuk plecehan seksual 3.Bagaimana cara menghindari/meno lak perlakuan pelecehan seksual | | Buku Erlangga Hal. 117 | ||||
| | |||||||||||
| | |||||||||||
Mengetahui Kepala sekolah SULIMAN S.Pd NIP:196801051991031009 | Ciparay 13 juni 2009 Guru kelas VI DEDI RIO SUSANTO NIP: 198404152009021002 | |||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar